Waspadalah, Kopi dan 5 Jenis Makanan ini Menjadi Pemicu Batu Ginjal!

Kandungan kafein dalam kopi bisa mengarahkan pada penumpukan material yang berpotensi pada pengembangan batu ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan. Ada 5 jenis makanan lainnya selain kafein yang bisa memicu adanya batu ginjal di dalam tubuh.

vauzee.com – Ginjal memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh karena memiliki fungsi untuk memfilter racun. Kedua ginjal di dalam tubuh kita, sedikitnya menyaring lebih dari 200 liter darah dan 2 liter produk limbah sebelum akhirnya dibuang dari tubuh bersamaan dengan air seni.

Tetapi fungsi ginjal dapat menurun karena akumulasi berlebihan dari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium oksalat, kalsium fosfat, magnesium amonium fosfat, uric acid, dan cystine.

Baca juga  : Tidak Perlu Bayar Jutaan Rupiah, Inilah Cara Bersihkan Ginjal Menggunakan Daun Seledri

ketahui-6-makanan-penyebab-batu-ginjal

Baca juga  : Buat Laki-laki, Inilah Bahayanya Kencing Berdiri Bagi Kesehatan

Berikut 6 jenis makanan/minuman yang dapat memicu batu ginjal seperti dilansir dari activebeat.com dan dikutip dari laman Merdeka.

1. Kafein
Kafein mengandung kadar kalsium tinggi yang bisa memicu pertumbuhan batu ginjal. Kafein sendiri biasa ditemukan pada kopi, teh dan minuman bersoda. Konsumsi berlebihan kopi atau minuman yang mengandung kafein tinggi, lainnya selain memicu pembentukan batu ginjal juga menjadi pemicu gagal ginjal karena memberi stimulus organ ginjal mengalami kelelahan.

2. Pemanis buatan
Pemanis buatan non-kalori dapat merusak fungsi ginjal, demikian sebuah penelitian melaporkan tentang bahayanya pemanis buatan jika terus dikonsumsi dalam jangka panjang. Pemanis buatan biasa digunakan pada makanan atau minuman dalam kemasan yang dijual bebas.

Sebaiknya tetap menggunakan pemanis alami seperti gula dalam kadar yang cukup atau bisa juga memilih madu.

3. Daging
Konsumsi protein hewani berlebihan dapat memicu pembentukan batu ginjal dan juga kerusakan ginjal. Makanan dengan kandungan protein tinggi bisa membuat tekanan pada ginjal, mengingat sulitnya limbah protein untuk dibuang.

Daging juga memiliki kadar asam urat tinggi, penyebab umum dari batu ginjal.

4. Sarden
Asupan makanan tinggi purin (senyawa organik yang dapat meningkatkan aroma) sebaiknya dihindari bagi Anda yang rentan terhadap batu ginjal. Salah satu makanan tinggi purin adalah sarden selain beberapa sayuran hijau seperti sawi dan bayam.

Membatasi konsumsi makanan tinggi purin selain mencegah pembentukan batu ginjal juga mengurangi kadar asam urat.

5. Minuman berkarbonasi
Minuman berkarbonasi seperti soda, cola, minuman energi dan beberapa produk jus dalam kemasan bisa memicu pembentukan batu ginjal berisiko pada penyakit ginjal kronis.

6. Produk susu
Saat ini dipasaran banyak produk susu tinggi kalsium yang dikatakan baik untuk membentuk tulang yang kuat. Namun waspadalah, karena susu tinggi kalsium adalah pemicu pembentukan batu ginjal. Kalsium bukan teman yang baik bagi ginjal, karena peningkatan ekskresi kalsium dalam urine membuat ginjal kesulitan untuk membuang limbah sehingga memicu pembentukan zat padat atau batu ginjal.

Segera batasi konsumsi makanan/minuman diatas, dan mulailah dengan konsumsi ramuan kurma bakar plus madu atau ramuan kunyit untuk memecah batu ginjal.

Baca juga  : Obati Sendiri Batu Ginjal dengan Jahe dan Kunyit

Share

You may also like...

1 Response

  1. 30 September 2015

    […] Waspadalah, Kopi dan 5 Jenis Makanan ini Menjadi Pemicu Batu Ginjal! […]