Obati Sendiri Batu Ginjal dengan Jahe dan Kunyit

Ramuan herbal jahe dan kunyit diketahui efektif untuk mengatasi keluhan penyakit batu ginjal.

vauzee.com – Batu ginjal adalah istilah umum yang digunakan untuk menunjukkan adanya kristalisasi garam dan mineral di dalam ginjal akibat dari akumulasi berlebihan dari konsumsi makanan yang mengandung kedua senyawa tersebut.

Kristalisasi tersebut membentuk zat padat di dalam ginjal yang masuk ke ureter atau kantung kemih. Benda padat ini seringkali ikut keluar dari tubuh bersamaan dengan air seni. Gesekan benda padat ini dengan dengan dinding ureter menimbulkan rasa sakit luar biasa bagi penderitanya.

Baca juga  : Tidak Perlu Bayar Jutaan Rupiah, Inilah Cara Bersihkan Ginjal Menggunakan Daun Seledri

ilustrasi ginjal

Gejala yang timbul jika menderita batu ginjal yaitu adanya nyeri  di sekitar pinggang, sakit perut, infeksi saluran kemih, demam, rasa terbakar pada saat kencing, dan dapat disertai darah pada air kencing.

Beberapa zat yang berperan membentuk batu ginjal diantaranya adalah kalsium oksalat, kalsium fosfat, magnesium amonium fosfat, uric acid, dan cystine. Beberapa jenis makanan yang menjadi penyebab batu ginjal diantaranya adalah kafein (terdapat dalam kopi, teh dan soda), pemanis buatan (minuman energi dan minuman kemasan lainnya), minuman berkarbonasi (soda, jus dalam kemasan), susu penguat tulang dan daging serta sarden.

Hindari konsumsi makanan atau minuman tersebut secara berlebihan serta lebih banyak minum air putih dan tidak membiasakan untuk menahan kencing.

jahe-dan-kunyit

Baca juga  : Kuku Berwarna Kelabu Tandanya Menderita Penyakit Ginjal Kronis

Pengobatan Herbal Batu Ginjal

Berikut ini bahan-bahan alami atau bahan herbal untuk mengobati batu ginjal yang bisa anda coba di rumah seperti dikutip dari laman Health Tribunnews :

a. Jahe

Jahe bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit akibat batu yang terdapat di dalam ureter atau di dalam ginjal. Cara dengan membuat jahe layaknya koyo panas, dan menempelkannya pada tempat nyeri.

Cara membuatnya adalah dengan merebus hingga mendidih daun jahe atau rimpangnya yang kering dengan sedikit air. Kemudian bungkus hasil rebusan tersebut dengan kain kasa dan tempelkan pada kulit, tempat di mana rasa nyeri akibat peradangan batu ginjal.

Koyo jahe tersebut berguna untuk mengatasi iritasi di permukaan kulit akibat dari rasa sakit yang disebabkan oleh benda padat yang bergesekan dengan dinding kandung kemih.

b. Kunyit

Kunyit diketahui  mengandung senyawa curcumin yang memiliki khasiat untuk mengatasi batu ginjal dan kandung empedu. Cara pengobatannya adalah meminum ramuan hasil dari mendidihkan bubuk kunyit. Minum tiga kali sehari untuk mendapatkan efek positif dari kunyit untuk mengatasi batu ginjal.

c. Teh Jawa (Java Tea)

Daun teh jawa telah sejak lama terkenal sebagai bahan alami untuk pengobatan batu ginjal. Teh jawa mampu mengendurkan otot-otot ureter, sehingga benda padat di dalam ginjal bisa dengan mudah melewati ureter menuju kandung kemih untuk dikeluarkan bersama dengan air seni.

Cara membuat ramuan herbal teh jawa adalah mengkonsumsinya seperti halnya meminum teh pada umumnya. Sebaiknya meminum ramuan herbal teh jawa ini pada pagi hari.

Resep Memecah Batu Ginjal

Berikut cara memecah batu ginjal dengan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh disekitar kita.

1. Haluskan cangkang telur, tambahkan perasan lemon serta madu putih atau jus tebu. Minum ramuan ini pada waktu perut kosong.

2. Anda juga bisa memanfaatkan kurma bakar yang digiling seperti kopi dengan ditambahi madu. Makan satu sendok teh saja pada saat perut kosong dibarengi dengan konsumsi jus tebu secukupnya.

Baca juga  : Buat Laki-laki, Inilah Bahayanya Kencing Berdiri Bagi Kesehatan