Inilah Bahaya Jika Menelan Obat Tidak Menggunakan Air Putih

Untuk meredakan rasa sakit, misalnya sakit kepala atau flu, banyak orang memilih untuk meminum obat untuk meredakan sakit tersebut. Untuk menelan obat dalam bentuk tablet atau kapsul tersebut biasanya diminum bersamaan dengan makanan atau minuman.

vauzee.com – Untuk mengkonsumsi obat dalam bentuk tablet atau kapsul, seringkali kita membutuhkan minuman atau makanan untuk menelannya. Karena rasa obat yang pahit, sebagian orang memilih untuk menelan obat tidak dengan air putih tetapi dengan minuman atau makanan yang manis. Padahal sebagian makanan atau minuman tersebut sangat berbahaya jika bertemu dengan bahan kimia dari obat.

Baca juga : Jangan Minum Air Dingin Saat Kepedasan! Ini Sebabnya

ini-bahayanya-jika-tidak-minum-obat-dengan-air-putih

 

Pilihan untuk menelan obat dengan selain air putih, bisa membahayakan bagian pencernaan di dalam tubuh. Sebagian orang memilih menelan obat bersama dengan nasi, pisang atau buah-buahan lainnya, tetapi tidak sedikit yang menggunakan minuman dalam kemasan yang manis seperti jus jeruk dalam kemasan.

Sepintas lalu tidak nampak ada bahayanya dengan cara meminum obat tersebut. Tetapi, ada risiko ancaman kesehatan jika Anda meminum obat menggunakan jus jeruk. Efek sampingnya sangat berhaya karena bisa menimbulkan pendaharan di dalam sistem pencernaan.

Menurut penelitian yang dilansir oleh indiatimes.com seperti dikutip dari laman Sehat Merdeka.com, ternyata kandungan asam di dalam jus jeruk jika bertemu dengan bahan kimia obat seperti aspirin atau obat anti inflamasi lainnya, bisa mengakibatkan gas berlebih di dalam usus dan lambung. Jika hal ini berlangsung terus menerus dalam jangka waktu yang lama, maka akan terjadi pendarahan di dalam sistem pencernaan tersebut.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu meminum obat menggunakan air putih saja. Karena kita tidak mengetahui kandungan makanan atau minuman selain air putih tersebut akan menimbulkan reaksi berbahaya jika bercampur dengan bahan kimia dari obat. Jangan lupa juga untuk selalu membaca petunjuk dan cara meminum obat serta memperhatikan dosis yang tepat.

Baca juga  : Inilah Bahaya Sering Menaruh Dompet di Saku Belakang