Inilah Bahaya Sering Menaruh Dompet di Saku Belakang

 

Kebiasaan menaruh dompet di saku belakang, khususnya bagi laki-laki, ternyata memiliki efek berbahaya bagi kesehatan.

vauzee.com – Banyak kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari ternyata malah merugikan kesehatan. Beberapa diantaranya malah bisa menimbulkan penyakit berbahaya bagi tubuh. Salah satu kebiasaan yang ternyata menimbulkan bahaya adalah menaruh dompet tebal di saku belakang.

Baca jugaInilah Efek Buruk Mata yang Terlalu Lama Menatap Layar Gadget

bahaya taruh dompet di saku belakang

Kebiasaan menaruh dompet di saku belakang lebih sering dilakukan oleh para laki-laki. Namun tidak sedikit juga sebagian wanita yang melakukan hal ini meski tidak dilakukannya setiap hari.

Bahkan kini jamak ditemui, tidak hanya dompet yang ditaruh di saku belakang, tetapi juga handphone atau tablet. Mereka kadang berlama-lama duduk dengan dompet tetap di saku belakangnya, bahkan saat bekerja di kantor.

Kebiasaaan itulah yang membahayakan karena bisa menyebabkan sindrom piriformis dan iritasi pada saraf sciatica.  Sindrom piriformis adalah kondisi saat otot piriformis menekan saraf sciatic dan mengiritasi serabut syaraf. Akibatnya akan timbul nyeri dari sekitar pantat hingga area belakang kaki. Nyeri ini akan semakin menjadi saat melakukan aktivitas duduk, menaiki tangga, merangkak, berjalan dan berlari.

piriformis_syndrome

Baca juga : Obati Nyeri Sakit Gigi dengan Bawang Putih, Bagaimana Caranya?

Oleh karena itu disarankan untuk tidak menaruh dompet di saku belakang dan duduk berlama-lama tanpa mengeluarkan dompet tersebut. Saat duduk, keluarkan dompet atau benda lainnya dari saku belakang Anda agar terhindar dari  sindrom piriformis. Alternatif lainnya letakkan dompet di saku depan.

Menurut WebMD, yang berisiko terkena penyakit ini umumnya yang berusia paruh baya. Tetapi wanita hamil juga memiliki risiko yang sama karena adanya tekanan pada saraf sciatica, saat rahim mulai membesar. [via Merdeka]

Baca juga : Untuk Mengurangi Nyeri Kontraksi Jelang Melahirkan, Ibu ini Pilih Menari-nari