Jangan Minum Air Dingin Saat Kepedasan! Ini Sebabnya

Mengatasi rasa pedas di lidah tidak disarankan menggunakan air dingin atau air es, karena bukannya hilang, rasa pedasnya justru akan bertambah berkali lipat.

vauzee.com – Banyak ragam masakan khas Indonesia yang memiliki cita rasa pedas. Tidak salah jika lebih banyak yang menyukai makanan pedas daripada cita rasa yang ‘biasa saja’. Sensasi pedas di mulut oleh sebagian penyukanya justru menambah kenikmatan saat menyantap makanan. Bahkan ada penelitian yang menyebut bahwa penyuka makanan pedas lebih panjang umur.

Baca juga : Penyuka Makanan Pedas Lebih Panjang Umur

Namun bagi yang tidak suka atau tidak tahan dengan cita rasa pedas, mereka buru-buru mencoba meredakannya dengan mengkonsumsi minuman dingin. Cara ini ternyata justru membuat rasa pedas tersebut menjadi semakin pedas dan membuat mulut menjadi makin “terbakar”.

jangan-minum-air-dingin-ketika-kepedasan

Untuk mengurangi sensasi pedas di  mulut, ada banyak cara diantaranya seperti makan nasi putih, makan makanan atau minum minuman yang mengandung lemak, seperti susu atau selai kacang, minum minuman asam atau mengunyah mentimun.

Saat makanan yang memiliki cita rasa pedas seperti  seperti merica, cabai atau sejenisnya masuk ke dalam mulut, maka rongga hidung dan faring akan terstimulasi dan lidah merasakan efek panas pada permukaannya.

Baca juga : 5 Manfaat Tersembunyi di Balik Pahitnya Pare

Meminum air dingin hanya akan meredakan rasa pedas sesaat saja. Begitu minuman dingin sudah melewati kerongkongan, rasa pedas justru akan bertambah berkali lipat dari sebelumnya. Justru disarankan untuk mengkonsumsi air hangat atau panas untuk meredakan rasa pedas yang “membakar” mulut.

Meskipun beberapa penelitian cara ini tidak tepat untuk mengusir pedas, tetapi dalam prakteknya, sudah dibuktikan oleh banyak orang bahwa konsumsi minuman hangat cenderung panas akan dengan cepat mengatasi pedas di mulut. [via Merdeka]

Bagaimana menurut kamu, apa yang meredakan rasa pedas di lidahmu?