Redakan Batuk dan Pilek dengan Meminum Susu Campur Kunyit

Susu yang dicampur kunyit mampu melawan infeksi dan meredakan gejala batuk dan pilek

vauzee.com – Menambahkan bubuk kunyit ke dalam susu lebih baik untuk kesehatan daripada menambahkan gula atau krim. Campuran susu dan kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk meredakan gejala batuk dan pilek yang sering menyerang tiba-tiba.

Caranya pun cukup sederhana, hanya dengan menambahkan  setengah sendok teh bubuk kunyit atau 3 cm kunyit segar ke dalam segelas susu dan mendiamkannya sejenak selama kurang lebih 15 menit.

Baca juga : Waspadalah, Meski Baik untuk Kesehatan Tubuh, Jeruk Lemon Memicu Kerusakan Gigi

8-khasiat-minum-susu-campur-kunyit-untuk-kesehatan

Tidak hanya mampu meredakan gejala batuk dan pilek, campuran susu dan kunyit memiliki beberapa khasiat lain untuk kesehatan tubuh. Berikut 8 khasiat campuran susu dan kunyit yang patut Anda ketahui :

1. Meredakan gejala pilek dan batuk

Kunyit diketahui mempunyai sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang mampu melawan infeksi serta meredakan gejala batuk atau pilek. Campuran susu dan kunyit sangat efektif untuk mengobati batuk kering.

2. Mendetoksifikasi tubuh

Kunyit bisa meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang sistem limfatik sehingga sangat baik sebagai pembersih darah di dalam tubuh. Kunyit juga dipercaya bisa membantu hati dalam melakukan detoksifikasi dari racun-racun yang berbahaya bagi tubuh.

3. Menenangkan arthritis dan nyeri sendi

Dengan sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh kunyit, maka rempah ini bisa juga dimanfaatkan untuk menenangkan rasa sakit, pembengkakan dan peradangan yang terkait dengan arthritis. Campuran susu dan kunyit bisa dimanfaatkan untuk memperkuat tulang serta sendi, dan juga  meningkatkan fleksibilitas tubuh.

4. Meredakan sakit kepala

Jika Anda sedang mengalami sakit kepala yang berat, maka meminum bubuk kunyit yang dicampur susu mampu menghilangkan sakit tersebut. Kandungan kunyit yang kaya akan antioksidan serta beberapa nutrisi akan membantu meredakan sakit kepala yang tiba-tiba saja menyerang.

Baca juga : Gigit Pensil, Cara Sederhana Mengusir Sakit Kepala!

5. Meningkatkan kekebalan tubuh/sistem imun

Kunyit yang juga memiliki sifat antivirus diketahui dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh secara alami serta mencegah infeksi akibat virus.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Cobalah meminum campuran susu dan kunyit kira-kira satu jam sebelum tidur, niscaya tidur Anda akan lebih baik malam ini. Kandungan serotonin dan melatonin di dalam susu akan meningkatkan kualitas tidur Anda lebih baik daripada malam sebelumnya.

Baca juga: Ini Lho Alasan Mandi Malam Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

7. Mengurangi kram menstruasi

Jika Anda seringkali mengalami kram saat menstruasi, campuran susu dan kunyit dapat meredakannya dengan efektif. Kunyit yang memiliki sifat antispasmodic, serta beberapa nutrisi penting lainnya akan membantu meredakan kram yang datang bersamaan dengan siklus menstruasi.
Baca juga : Warna Darah Menstruasi Berhubungan Erat dengan Kondisi Kesehatan

8. Mempercepat penurunan berat badan

Jika Anda dalam program diet, jangan lewatkan untuk mengkonsumsi campuran susu dan kunyit. Senyawa dalam kunyitdiketahui bisa membantu tubuh untuk memecah lemak, sehingga program diet Anda bisa sukses dengan cara yang sehat. [via Merdeka]

Baca juga  : Diet Paleo, Diet Manusia Purba yang Sedang Tren Saat ini