Antara Sikat Gigi atau Siwak, Mana Lebih Baik?

Jika membandingkan antara siwak dan sikat gigi, manakah yang lebih baik untuk membersihkan gigi?

vauzee.com – Siwak populer digunakan sebagai pembersih gigi karena dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Siwak sendiri adalah kayu dari ranting pohon Aarak atau Peelu tanaman yang lazim terdapat di Timur Tengah dengan nama latin Salvadora Persica. Apakah siwak lebih bagus dan efektif untuk membersihkan gigi? Simak jawabab dokter gigi berikut ini.
siwak

Menurut drg Ambar Kusumawati kepada Health Liputan6.com, Sabtu (5/9/2015), siwak mengandung anti bakteri dan anti jamur. Bentuknya yang lurus kadang sedikit menyulitkan untuk membersihkan gigi bagian belakang. Tetapi jika memahami triknya, siwak bisa juga menjangkau seluruh permukaan gigi.

Baca juga : Menyimpan Sikat Gigi dengan Penutup Malah Jadi ‘Rumah’ Bakteri untuk Tumbuh

Cara menggunakan siwak, bagian ujung kayu harus dikelupas hingga nampak serat-seratnya.Cara mengupasnya seperti halnya meraut pensil. Kemudian, rendam siwak tersebut ke dalam gelas berisi air agar serat tersebut melunak. Agar seratnya terbuka, biasanya cukup digigit-gigit saja. Begitu serat terbuka, siwak tak ubahnya sikat gigi yang berbulu untuk membersihkan gigi.

Masih menurut drg Ambar, didalam siwak sudah zat yang kandungannya mirip dengan apa yang terdapat pada pasta gigi. Sehingga tidak diperlukan lagi pasta gigi. Cukup gosok-gosok gigi seperti halnya menyikat gigi seperti biasanya.

Jika dibandingkan antara siwak dan sikat gigi, menurut drg Ambar, siwak memiliki banyak keuntungan. Diantaranya lebih praktis saat dibawah kemana-mana dan lebih higienis karena sudah mengandung anti bakteri dan anti jamur sendiri. Tidak seperti sikat gigi yang harus dibuang setelah dipakai beberapa kali, siwak hanya perlu memotong bagian berserat yang berfungsi sebagai sikat. Lalu kupas lagi untuk mendapat serat yang baru seperti disebutkan diatas, jadi tidak perlu membeli baru. [via Liputan6]

Baca juga : Jangan Simpan Sikat Gigi di Kamar Mandi!

Share

You may also like...