Berbagai Tips Cara Menurunkan Berat Badan Berlebih Secara Sehat dan Alami

Berbagai Tips Cara Menurunkan Berat Badan Berlebih Secara Sehat dan Alami – Obesitas memang tidak mengenakkan karena menurunkan rasa percaya diri seseorang. Ketika teman kita bisa bergaya dengan berbagai pakaian, kita justru harus super milih pakaian longgar, saat teman kita bebas bergerak, berlarian, kita keberatan untuk sekadar jalan cepat. Apalagi bila kita seorang perempuan, tentu obesitas akan mengurangi nilai kecantikan pada diri seseorang. Sungguh menyiksa bukan? Untuk itu, kami punya informasi yang tepat bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

Olahraga

Mau atau tidak, anda tetap harus bergerak untuk mengeluarkan keringat. Olahraga dapat menurunakan kadar kolesterol darah, lemak yang menumpuk di bawah jaringan kulit, dan mengeluarkan zat racun dalam tubuh. Mulailah dari olahraga ringan seperti jalan cepat, kemudian menggerakkan kepala, tangan, dan kaki. Bila sudah ikuti senam aerobic yang membentuk tubuh anda. Sebaiknya olahraga ringan dilakukan setiap pagi dan senam bisa dilakukan seminggu sekali atau dua kali.

a d v e r t i s e m e n t s

Kurangi Asupan Kalori

Asupan kalori baik dari karbohidrat atau lemak harus ekstra dikurangi. Tapi, bukan berarti tidak makan sama sekali. Kalori yang masuk dipas untuk kebutuhan energy harian saja, jangan berlebihan. Contoh makanan tinggi kalori adalah nasi, jeroan, biscuit, dan sebagainya.

Pilih Buah dan Sayur

Anda memerlukan serat pada buah dan sayur untuk melancarkan buang air besar. Tujuannya agar tidak banyak makanan yang diserap tubuh dan mengurangi penumpukan sisa makanan di perut. Mengonsumsi buah dan sayur yang banyak dapat mengurangi rasa lapar sehingga asupan kalori menurun.

Kurangi jam istirahat

Orang yang kebanyakan tidur cenderung mengalami obesitas. Bila anda merasa kegemukan cobalah untuk mengurangi waktu tidur dan menggantinya dengan kegiatan fisik yang memerlukan pengeluaran energy.

Hindari Makan Malam

Makan malam akan membuat anda merasa sangat lapar ketika bangun. Hal ini disebabkan makanan yang ada di dalam saluran pencernaan akan dikuras pada malam hari. bila dalam perut ada banyak makanan otomatis enzim yang dikeluarkan banyak dan menyebabkan rasa lapar berlebih. Ikibatnya anda akan banyak mengonsumsi makanan di pagi hari karena merasa lemas.

Sarapan

Makan pagi sangat penting untuk kesehatan otak. Apabila anda melewatkan makan pagi, maka tubuh akan merasa lemas dan lapar yang menyebabkan asupan kalori pada makan siang bertambah banyak. Selain itu, tidak sarapan juga menyebabkan anda makan sekenanya ketika lapar sehingga makanan yang masuk kurang terkontrol.

Perbanyak Minum Air Putih

Air sangat bermanfaat untuk melancarkan metabolism seperti melancarkan buang air besar dan membuang zat racun. Air putih juga dapat mengurangi rasa lapar. Jadi, bila anda merasa lapar sebelum jam makan tiba, bisa menguranginya dengan minum air putih ketimbang ngemil yang dipastikan bakal meningkatkan berat badan.

a d v e r t i s e m e n t s