Kecanduan Internet Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kecanduan internet diketahui berdampak buruk bagi kesehatan, saking buruknya bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

vauzee.com – Dengan memiliki koneksi internet, banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan lebih cepat. Komunikasi dengan banyak orang juga lebih nyaman dan cepat berkat internet. Tapi tidak semua orang menggunakan internet untuk memudahkan hidupnya, namun justru berdampak buruk untuk kesehatannya.

kecanduan internet

Menurut sebuah penelitian, internet digunakan rata-rata 6 jam setiap harinya. Sebagian orang lainnya menggunakan internet untuk rentang waktu lebih, hingga mencapai 10 jam setiap harinya, bahkan lebih dari itu. Penggunaan internet yang melebihi rata-rata tersebut menandakan adanya kecanduan pada internet.

a d v e r t i s e m e n t s

Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk selalu menggunakan internet bisa berakibat turunnya sistem kekebalan atau sistem imun maniusia. Dampak buruknya, jadi lebih mudah sakit flu daripada orang-orang yang jarang menggunakan internet. Demikian penelitian yang di ungkap oleh Universitas Swansea dan Milan.

Penelitian tersebut menunjukkan, mereka yang lebih sering menggunakan internet, sekitar 30 persen dari mereka menjadi mudah terserang virus flu. Para pecandu internet juga mudah stres jika koneksi internet tersebut putus. Stres sendiri juga bisa berdampak buruk pada sistem imun karena pengaruh kadar hormon kortisol yang terganggu.

Sebelum ini, ada juga penelitian yang mengungkap bahwa pecandu internet mengalami masalah kesulitan tidur serta pola makan yang buruk. Terlalu memperhatikan gadget membuat penggunanya jadi malas berolahraga.

Agar terhindar dari dampak buruk kecanduan internet, batasi waktu untuk selalu terhubung secara online dan lakukan kegiatan di luar rumah tanpa koneksi internet seperti bermain, olahraga dan sebagainya.

a d v e r t i s e m e n t s