Waspadalah, Lari Pakai Jaket Bisa Menyebabkan Heat Stroke!

Menurut dokter spesialis olahraga, lari memakai jaket pada siang hari bisa menyebabkan heat stroke jika tidak segera mengkonsumsi cairan.

vauzee.com – Anda mungkin pernah melihat orang melakukan olahraga lari pada siang hari yang panas dengan mengenakan jaket. Tahukah Anda lari dengan mengenakan jaket pada cuaca panas tidak ada gunanya? Akibatnya justru fatal bagi tubuh, kematian.

lari pakai jaket

Berolahraga lari pada siang hari yang panas dengan mengenakan jaket bisa membuat tubuh dehidrasi karena banyaknya cairan dalam tubuh yang keluar. Suhu tubuh juga menjadi sangat tinggi yang jika diteruskan tanpa mengkonsumsi cairan bisa menyebabkan heat stroke. Demikian dikatakan oleh Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Zaini Siregar dari Royal Sport Medicine Center Jakarta.

a d v e r t i s e m e n t s

Menurut Dr Zaini, Tuhan menciptakan keringat atau cairan yang keluar dari dari tubuh agar tubuh tidak terlalu panas. Keringat yang keluar tersebut berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh. Jika keringat yang keluar berlebihan akibat pemakaian jaket dan berlari saat panas terik, akibatnya dehidrasi, tidak ada cairan sementara suhu tubuh tinggi. Jika suhu tubuh melebihi 40 derajat celcius, maka bisa mengakibatkan heat stroke.

Heat stroke biasanya dialami oleh para pelari jarak jauh. Beberapa gejalanya yaitu mata berkunang-kunang, tangan dingin, wajah pucat hingga akhirnya pingsan. Saat tubuh kurang cairan, aliran darah ke seluruh tubuh termasuk ke jantung dan otak menjadi terganggu karena darah mengental.

Mereka yang berolahraga lari sambil mengenakan jaket biasanya berharap berat badannya cepat turun. Hal itu dibenarkan oleh Dr Zaini tetapi sifatnya hanya sementara saja. Turunnya berat badan tersebut karena banyaknya cairan dari dalam tubuh yang keluar.  Saat cairan tubuh diisi lagi denga mengkonsumsi minuman, maka berat badan akan bertambah lagi.

Dr Zaini menyarankan agar tidak menggunakan pakaian tebal saat berolahraga. Pastikan pakaian tersebut mudah menyerap keringat dan nyaman dipakai. Untuk menghindari dehidrasi siapkan minuman air putih atau minuman isotonik untuk mengganti cairan tubuh yang keluar.

a d v e r t i s e m e n t s