Jangan Paksakan Olahraga Lari, Tes Dulu Kebugaran Anda

Saat hendak olahraga, sebaiknya tes kebugaran dulu untuk mengetahui jenis olahraga apa yang cocok.

vauzee.com – Olahraga sangat disarankan untuk menjaga kesehatan. Semua usia mulai dari anak-anak hingga lanjut usia disarankan untuk berolahraga. Tetapi kemampuan seseorang untuk berolahraga berbeda. Untuk menjaga kesehatan jantung, sebaiknya memilih jenis olahraga sesuai kemampuan.

olahraga-lari

Cara aman untuk mengukur kemampuan sebelum berolahraga adalah mengukur denyut jantung. Menurut DR.med.Suhantoro, SpKO, FACSM (K) cara mengukur denyut nadi maksimal (DNM) adalah dengan memperhatikan usia Anda saat ini dan intensitas pembakaran lemak, 60% untuk batas bawah dan 70% untuk batas atas. Rumusannya adalah sebagai berikut :

a d v e r t i s e m e n t s

DNM Batas Bawah = ( 220 – usia ) x 60%

DNM Batas Atas = ( 220 – usia ) x 70%

Contoh perhitungan DNM untuk orang yang usianya 40 tahun : 220 – 40 = 180. Maka perhitungan untuk DNM batas atas dan batas bawah yaitu :

DNM Batas Bawah : 180 x 60% = 108 per menit

DNM Batas Atas : 180 x 70% = 126 per menit

Dengan mengetahui batasan DNM saat berolahraga, maka mereka yang berusia 40 tahun harus berhenti sejenak dari olahraga saat denyut nadinya sudah  melampaui batas atas yakni 126 per menit. Memaksakan tetap berolahraga saat denyut nadi melampaui batas atas bisa menyebabkan kram jantung yang kemudian terjadi serangan jantung.

Cara lainnya adalah dengan tes kebugaran 1 km. Tes ini untuk mengetahui apakah seseorang sebaiknya berolahraga lari, joging atau jalan kaki saja.

Caranya cukup mudah, yakni mencoba berlari sejauh 1 km dan menghitung waktu tempuhnya. Jika Anda membutuhkan waktu 9 menit atau lebih lama untuk berlari sejauh itu, sebaiknya jangan dipaksakan untuk melakukan olahraga lari, tetapi cukup olahraga jalan kaki saja.

Jika waktu tempuh Anda kurang dari 8 menit untuk berlari sejauh 1 km, maka Anda diperkenankan untuk mengambil olahraga jogging. Untuk olahraga lari, waktu tempuh yang disarankan untuk laki-laki adalah kurang dari 6 menit sementara untuk wanita kurang dari 6,5 menit.

Caranya, cobalah lari sejauh 1000 meter atau 1 kilometer (km). Kemudian hitung waktu tempuh Anda. Jika dalam 1 km ditempuh lebih dari 9 menit, maka sebaiknya jangan melakukan olahraga lari, tetapi jalan kaki saja. Sementara itu, jika kurang dari 8 menit, Anda diperbolehkan jogging. Untuk lari, disarankan bagi Anda yang mampu menempuh kurang dari 6 menit (untuk laki-laki) dan kurang dari 6,5 menit (untuk wanita).

Jadi jangan memaksakan diri berolahraga lari jika tidak memenuhi tes kebugaran tersebut.

a d v e r t i s e m e n t s
terms : lari 40 menit, Batas maksimal jogging, lari 1km, jarak tempuh joging untuk kebugaran, lari 1000km berapa menit, lari 1 km, denyut nadi yang baik setelah lari 1 2 km, berapa meter Lari Joging, batasan aman untuk jogging, batas umur olahraga lari untuk jantung