Tidur Miring Tidak Hanya Baik untuk Pencernaan Tapi Juga Baik untuk Otak

Saat tidur  dengan posisi miring, proses pembersihan limbah otak dalam saluran glimphatic bekerja lebih efektif daripada posisi tidur lainnya.

vauzee.com – Tidur dengan posisi miring ke kanan diketahui dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Tidur dengan posisi miring ke kanan diketahui membantu mempercepat proses pencernaan. Penelitian terbaru mengatakan bahwa posisi tidur miring juga baik untuk otak.

Tidur

Penelitian yang dilakukan oleh Stony Brook University seperti dikutip dari National Geographic, menjelaskan bahwa posisi tidur miring juga secara efektif membantu melancarkan proses pembersihan limbah otak.

a d v e r t i s e m e n t s

Limbah otak yang tidak dibersihkan akibat akumulasi penumpukan protein yang disebut dengan amyloid beta bisa menjadi pemicu  penyakit Alzheimer’s, Parkinson, serta penyakit yang terkait erat dengan saraf otak lainnya.

Penelitian yang dimuat dalam  Journal of Neuroscience tersebut awalnya menyelidiki glymphatic system, tempat dimana operasi pembuangan limbah otak itu terjadi, dengan menggunakan alat pemindai MRI. Dalam proses pembuangan limbah otak ini, diketahui hanya efektif saat tubuh sedang tidur.

Penelitian dilanjutkan dengan meneliti posisi tidur yang seperti apa yang mampu membuat saluran glimphatic itu mampu bekerja lebih baik dan lebih efektif. Setiap posisi tidur seperti miring, terlentang, atau tengkurap dilakukan observasi.

Hasil penelitian ternyata menunjukkan posisi tidur miring bisa membantu saluran glimphatic bekerja lebih efektif saat proses pembersihan limbah otak. Namun tidak disebutkan apakah posisi miring yang dimaksud ke kanan atau ke kiri.

Rasulullah Muhammad SAW mencontohkan posisi tidur yang baik adalah miring ke kanan. Menurut Dr. Zafir al-Attar, pada posisi terbaik untuk tidur ini, jantung hanya akan terbebani oleh paru-paru kiri yang berukuran kecil, sementara hati ada posisi yang stabil.

Selain itu posisi tidur miring ke kanan juga sangat baik untuk pencernaan. Pada posisi ini, makanan akan lebih cepat dicerna oleh usus hanya dalam kurun 2,5 hingga 4,5 jam saja. Sementara posisi tidur lainnya, usus mencerna makanan lebih lama antara 5 sampai 8 jam.

a d v e r t i s e m e n t s
terms : arti warna darah haid, cara tidur baik pencernaan, cara tidur yang baik untuk pencernaan, posisi tidur untuk usus baik, posisi tidur yang baik untuk mencerna makanan, posisi tidur yang melancarkan pencernaan, posisi tidur yg mempercepat proses pencernaan, tidur dgn mencerna makanan