Kebiasaan Mandi Setelah Makan Bikin Tambah Gemuk

Ada beberapa hal yang harus dihindari setelah makan, mandi adalah salah satunya. Mandi setelah makan bisa mengganggu pencernaan yang selanjutnya bikin tambah gemuk

vauzee.com – Apakah Anda terbiasa segera mandi setelah sarapan pagi? Tahukah Anda kegiatan itu tidak disarankan karena malah bisa membuat ‘kerja mesin’ pencernaan di dalam tubuh memburuk? Selain mandi ada beberapa hal lainnya yang sebaiknya dihindari dikerjakan setelah makan.

Mandi Setelah Makan Bikin Gemuk

Beberapa hal yang tidak diperkenankan dikerjakan tepat setelah makan selain mandi adalah makan buah, menggosok gigi serta tidur. Anda boleh melakukan hal-hal tersebut setelah makan, namun tunggu hingga setidaknya satu jam setelah makan.

a d v e r t i s e m e n t s

Baca juga : Waspadalah, Menggosok Gigi Setelah Sarapan Tidak Dibenarkan!

Kebiasaan Mandi Setelah Makan Bikin Tambah Gemuk

Lalu kenapa mandi setelah makan malah bisa membuat seseorang semakin gemuk? Beberapa orang terbiasa sarapan pagi plus minum kopi atau teh panas sebelum mandi pagi.  Jika mandi dulu sebelum sarapan, maka setelahnya, badan gerah, keringat bercucuran. Jika berangkat kuliah atau kerja dengan keringat bercucuran sangat tidak nyaman.

Oleh karena itu mereka beralasan agar tidak gerah saat berangkat kerja atau sekolah, lebih baik mandinya setelah sarapan, karena badan juga menjadi lebih segar, perut sudah cukup kenyang, serta tadi sudah sempat BAB saat mandi.

Tapi ternyata kebiasaan mandi setelah sarapan bisa membuat fungsi pencernaan usus lambung melemah, dan menyebabkan pencernaan buruk. Mandi pagi dengan air dingin setelah makan mengakibatkan penurunan suhu kulit secara drastis. Padahal sebelumnya suhu tubuh meningkat karena setelah makan tubuh, melakukan kegiatan proses metabolisme pengolahan dan penyerapan makanan.

Siraman air dingin akan mengakibatkan aliran darah pada saraf di kulit yang sebelumnya lancar karena kegiatan metabolisme, mendadak melemah karena suhu kulit menurun secara drastis. Hal ini mengakibatkan volume aliran darah saluran usus serta lambung justru berkurang. Proses inilah yang menyebabkan percernaan memburuk.

Lambung yang sebelumnya aktif bekerja mencerna makanan, akibat volume aliran darahnya menurun maka proses kerja lambung ikut melemah. Lambung tidak efektif lagi mencerna makanan.

Bila hal ini terus menerus dilakukan setiap harinya, maka makanan yang masuk ke lambung tidak dicerna dengan baik sehingga badan menjadi lebih gemuk dan perut membuncit. Dalam jangka panjang bisa menjadi pemicu stroke.

a d v e r t i s e m e n t s
terms : mandi setelah makan, mandi setelah makan membuat perut buncit, bahaya manDi setelah makan, makan sebelum mandi, mandi dulu, apakah habis makan terus mandi bikin gemuk, makan sebelum mandi bikin perut buncit, apakah mandi setelah makan menyebabkan perut buncit, mandi setelah makan bikin perut buncit, mandi dulu atau makan dulu