Menghentikan Cegukan? Telan Saja Satu Sendok Teh Gula Pasir!

Berikut 7 makanan yang bisa membantu menghentikan cegukan yang mengganggu.

vauzee.com – Cegukan adalah kondisi saat diafragma mengejang tanpa kita kehendaki. Cegukan yang dalam bahasa medis disebut sebagai singultus terjadi saat tingkat karbondioksida dalam darah merosot terlalu rendah
cegukan
Pemicu cegukan bisa juga berasal dari gas beracun, merokok, makanan dan minuman yang pedas atau saat menyantap makanan dingin dibarengi dengan makanan panas. Selain itu cegukan bisa disebabkan adanya iritasi saraf frenikus. Saraf ini merupakan saraf motor yang membantu mengendalikan proses bernapas.

Cegukan tidak berbahaya, tapi justru refleks tubuh untuk mencegah tersedak makanan atau minuman. Cegukan juga sebagai informasi bahwa Anda makan atau minum terlalu banyak.

Cegukan bisa juga pertanda Anda sedang terlalu emosi atau stress, serta penanda adanya benda asing di dalam ditelinga. Cegukan berkepanjangan bisa mengakibatkan seseorang pingsan. Hal ini karena perbedaan irama jantung dengan cegukan itu sendiri.

a d v e r t i s e m e n t s

Bagaimana cara menghentikan cegukan? Situs Livestrong seperti dikutip dari DetikHealth menyebut 4 makanan atau minuman ini bisa membantu menghentikan cegukan.
Satu Sendok Teh Gula Pasir
1. Gula Pasir

Cegukan bisa berhenti dengan sensasi manis yang dirasakan saraf pada belakang lidah. Dengan menelan setidaknya satu sendok teh gula pasir kering, akan membantu menghentikan cegukan. Butiran gula yang lengket menempel di dinding mulut bagian belakang bisa mengubah irama pernapasan, sehingga cegukan bisa terhenti.

2. Selai kacang
Dengan alasan sama seperti gula pasir kering, selai kacang yang lengket di mulut bagian belakang bisa mengubah irama napas dan membantu menghentikan cegukan.

3. Jeruk nipis
Menganggu pola impuls pada saraf vagus bisa menghentikan cegukan. Gangguan itu bisa kita ciptakan dengan mengunyah atau menghisap satu iris jeruk nipis. Bisa juga mengganti jeruk nipis  dengan lemon segar.
4. Air
Cara ini paling sering dilakukan dan populer di masyarakat, yakni memimum segelas air putih. Proses meminum dan menelan air bisa menganggu siklus cegukan dan menenangkan saraf.

a d v e r t i s e m e n t s
terms : perbedaan sendok teh dan sendok makan, 2 sendok makan gula, gambar sendok teh, satu sendok teh