Jangan Simpan Buah Ke Dalam Lemari Es!

Tidak semua jenis makanan baik saat ditempatkan ke dalam lemari es dalam waktu lama. Justru kualitas gizinya akan turun dan aroma kesegarannya bisa hilang.

vauzee.com – Lemari es seringkali difungsikan untuk menyimpan makanan-makanan segar dengan harapan tetap awet seperti saat pertama kali dibeli. Padahal jenis makanan tertentu justru akan menimbulkan bau kurang sedap saat disimpan lama dalam lemari es. Sebagian makanan lainnya justru malah kehilangan nutrisinya.

Menyimpan Makanan dalam Lemari Es

Berikut ini 15 makanan yang pantang untuk dimasukkan atau disimpan dalam waktu lama ke dalam lemari es seperti dilansir Times of India serta dikutip dari Liputan6.

a d v e r t i s e m e n t s

1. Roti

Roti tidak disarankan untuk disimpan dalam lemari es karena akan membuat makanan ini menjadi cepat kering serta mengeras. Padahal roti enak dinikmati saat masih lembut. Jika tidak sempat menghabiskannya, tidak perlu disimpan di dalam lemari es, cukup disimpan pada suhu kamar.

2. Kentang

Aroma dan rasa kentang akan berubah jika disimpan terlalu lama di dalam lemari pendingin. Cara terbaik menyimpan kentang adalah membiarkan tetap pada suhu kamar di dalam kantong kertas. Ingat, jangan gunakan kantong plastik untuk menyimpan kentang karena jika terlalu lembab akan membuatnya cepat busuk.

 

3. Buah

Seringkali kita dengan mudahnya menyimpan buah segar ke dalam lemari es dengan harapan buat tersebut akan awet untuk beberapa hari sebelum di konsumsi. Buah apel, jeruk, berry, alpukat serta pisang justru lebih baik dibiarkan dalam suhu kamar.

Untuk mendapatkan sensasi kesegaran dingin pada buah-buah tersebut, cukup menyimpannya selama 30 menit ke dalam lemari es sebelum dimakan, atau merendamnya dalam air selama 10 menit.

4. Bawang 

Bawang merah atau bawang putih lebih baik disimpan dalam tempat yang sejuk serta gelap dengan membungkusnya menggunakan kantong kertas. Pastikan menyimpan bawang jauh dari kentang.

Kentang bisa menyebabkan bawang cepat busuk akibat dari uap air dan gas yang dilepaskannya. Hindari menyimpang bawang di lemari es karena justru karena membuatnya mudah berjamur.

5. Tomat

Tomat yang telah masak justru akan kehilangan rasa dan kesegerannya bila disimpan lama ke dalam lemari es. Tomat matang boleh disimpan di lemari es maksimal selama 3 hari saja.

Jika Anda hendak mematangkan tomat, biarkan pada suhu kamar dengan menyimpannya ke dalam kantong kertas, bukan dengan memasukkannya ke dalam kulkas.

6. Saus tomat dan kecap

Saus cabe, saus tomat dan kecap dalam kemasan tidak perlu disimpan di lemari es. Mereka justru enak ditambahkan ke makanan saat berada pada suhu kamar. Mau makan ayam goreng dengan nasi hangat tapi sausnya dingin? enggak banget deh!

7. Sereal

Sereal lebih baik disimpan di suhu kamar, sehingga ketika dimakan saat sarapan tidak terasa dingin.

8. Minyak

Sebagian besar minyak yang ada di Indonesia berasal dari kelapa sawit dan minyak jenuh yang akan membeku jika dimasukkan ke dalam lemari es.

Tetapi jika Anda memiliki minyak yang memiliki kandungan lemak jenuhnya rendah, misalnya safflower atau bunga matahari, maka menyimpan minyak jenis ini di lemari es diperkenankan.

9. Kopi

Lemari es akan membuat kopi menjadi lembab dan mengurangi aroma serta rasanya. Biarkan kopi berada dalam wadah kedap udara pada suhu kamar.

10. Melon

Melon yang belum dibelah sebaiknya disimpan pada suhu kamar. Tetapi jika melon tersebut telah dipotong, maka melon itu harus disimpan di kulkas. Melon itu akan tetap segar selama 3-4 hari kedepan.

11. Madu

Madu lezat akan mengeras jika disimpan ke dalam lemari es. Biarkan madu berada dalam wadahnya yang tertutup rapat pada suhu kamar.

12. Berries

Buah berry sebaiknya  segera dikonsumsi setidaknya pada hari kedua setelah dibeli. Menyimpannya ke dalam kulkas tidak membantu untuk tetap menjaga kesegarannya.

13. Kacang dan buah-buahan kering

Kacang, biji-bijian serta buah kering tidak perlu disimpan ke dalam lemari es. Lebih baik ditempatkan pada tempat yang sejuk serta gelap pada suhu kamar.

14. Tuna kaleng

Jika kamu terbiasa menyimpan tuna kaleng ke dalam lemari es, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan ini. Makanan kaleng yang belum dibuka lebih baik disimpan dalam suhu kamar.

14. Cabai

Segala jenis cabai baik itu merah, hijau, atau pun kuning tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas. Perlakukan seperti halnya bawang, simpan di dalam kantong kertas di tempat yang sejuk dan gelap.

a d v e r t i s e m e n t s
terms : apa dampaknya jika jeruk dimasukkan ke dalam kulkas, buah di dalam kulkas, cabe dalam kulkas, cara menyimpan blewah, memasukan apel ke kulkas