Waduh, Makan Nasi Bisa Menyebabkan Kanker!

Mengolah nasi secara tradisional lebih baik daripada memasaknya menggunakan rice cooker.

vauzee.com – Belum makan rasanya jika tidak menggunakan nasi sebagai makanan pokok yang mengenyangkan. Sebagian besar masyarakat Indonesia tidak bisa dilepaskan dari nasi. Namun penelitian di UK menunjukkan nasi bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit kanker! Waduh, terus makan apa kita, mie instan aja?

Baca juga  : Rajin-rajin Timbang Berat Badan, Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Makan Nasi Bisa Menyebabkan Kanker

a d v e r t i s e m e n t s

Nasi sudah banyak diteliti yang kebanyakan menunjukkan bahayanya mengkonsumsi makanan yang asalnya dari beras ini. Nasi diketahui mengandung zat gula yang tersembunyi yang bisa mengakibatkan obesitas serta diabetes.

Selain itu, para peneliti di Queens University, Belfast ternyata menemukan jejak arsenik dalam beras yang di jual di Inggris. Untuk diketahui, kontaminasi zat ini diatas ambang batas normal bisa menjadi pemicu bahaya kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes. Tetapi yang paling mengerikan, arsenik menjadi pemicu kanker prostat dan kanker paru-paru.

Demikian penjelasan dari Prof Andy Meharg, peneliti dari The European Commission seperti dikutip dari Dailymail.

Pertanyaannya, bagaimana nasi bisa mengandung zat arsenik? Jejak arsenik ini diketahui berasal pestisida yang digunakan para petani untuk membasmi hama.

Prof Andy Meharg menyarankan, untuk menghindari kontaminasi zat ini, agar beras dibersihkan dengan lebih seksama dan hindari memasaknya menggunakan penanak nasi listrik atau rice cooker. Cara pengolahan nasi secara tradisional lebih baik daripada memasaknya menggunakan rice cooker. [via Merdeka]

a d v e r t i s e m e n t s