Ini Lho Alasan Mandi Malam Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

Mandi malam sebelum tidur adalah aktifitas relaksasi yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur.

vauzee.com – Setelah menjalani kegiatan seharian, badan terasa lelah dan capek. Saat pulang ke rumah rasanya ingin segera tidur. Namun ternyata hal itu tidak disarankan, karena justru akan mengurangi kualitas tidur.

Baca juga: Gawat, Ngemil Tengah Malam Ternyata Bikin ‘Cacat’ Otak

mandi

a d v e r t i s e m e n t s

Secapek apapun, usahakan untuk mandi sebelum tidur malam. Karena dengan mandi malam sebelum tidur akan membantu melemaskan otot dan merelaksasi tubuh setelah seharian melakukan banyak kegiatan. Demikian menurut peneliti kualitas tidur bernama Jessa Gamble seperti dilansir dari laman Huffington Post.

Pertanyaannya, bagaimana dengan suhu air yang digunakan untuk  mandi malam sebelum tidur? Jessa menyarankan agar menggunakan air hangat karena bisa melemaskan otot dan membersihkan permukaan tubuh dari sel kulit mati akibat terkena radikal bebas seharian. Air hangat diketahui uga bisa mengurangi stres.

Penggunaan air dingin untuk mandi malam sebelum tidur justru akan menyegarkan tubuh sehingga akan menyulitkan untuk segera memejamkan mata dan beristirahat. Air dingin bisa meningkatkan kesadaran serta memperkuat sistem metabolisme, membuat tubuh jadi terjaga.

Tetapi mandi dengan air dingin masih diperbolehkan asal airnya tidak terlalu dingin. Usahakan menggunakan air hangat untuk mandi malam sebelum tidur.

Untuk lebih meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik, minum segelas susu hangat akan membuat  tidur lebih nyenyak dan tubuh segar saat terbangun esok pagi.

a d v e r t i s e m e n t s