Nyamuk Lebih Suka Gigit Orang dengan Golongan Darah O, Mitos atau Fakta?

Beberapa mitos seputar perilaku nyamuk berkembang di masyakarat. Benarkah nyamuk lebih suka gigit orang dengan golongan darah O? Simak faktanya disini.

vauzee.com – Setelah lebaran lalu ada guyonan warga Ibukota yang menyebut nyamuk Jakarta kelaparan gara-gara penduduknya pada mudik. Akibatnya rumah yang berpenghuni diserbu oleh nyamuk. Meski cuma guyon, tapi faktanya memang nyamuk di Jakarta sedang ‘ganas-ganasnya’.

Nyamuk Lebih Suka Gigit Orang dengan Golongan Darah O
Masyarakat mempercayai beberapa mitos tentang nyamuk. Contohnya nyamuk lebih suka gigit orang yang menggunakan parfum atau lebih suka pada orang dengan golongan darah O. Benarkah mitos-mitos tersebut?

Joseph Conlon dari Asosiasi Pengendalian Nyamuk Amerika membeberkan fakta yang sebenarnya tentang perilaku nyamuk seperti dikutip dari  Kompas Health berikut ini :

a d v e r t i s e m e n t s

1. Semua nyamuk menggigit dan menghisap darah
Anggapan ini salah. Cuma nyamuk betina saja yang membutuhkan darah untuk kebutuhan protein dan energinya dalam bereproduksi atau bertelur. Sementara nyamuk jantan mencari makan dari nektar bunga. Jenis nyamuk tertentu tidak menggigit manusia sama sekali tetapi ‘korbannya’ adalah burung, reptil atau mamalia lainnya.

2. Nyamuk lebih suka menggigit orang yang menggunakan wewangian atau parfum
Faktanya memang benar demikian. Nyamuk juga mencari nektar bunga untuk kebutuhan nutrisi gula di tubuhnya. Sehingga orang yang menggunakan parfum atau wewangian dengan aroma bunga mawar, lavender atau gardenia akan menarik perhatian nyamuk untuk menggigitnya.

3. Nyamuk lebih menyukai orang yang sering konsumsi makanan/minuman manis
Ini hanyalah mitos belaka. Seperti disebutkan diatas, nyamuk memang membutuhkan asupan gula, tetapi belum tentu nyamuk mengetahui bahwa orang itu baru saja mengkonsumsi makanan dan minuman manis.

Faktanya, ini lebih pada aroma yang dikeluarkan orang itu sendiri. Nyamuk suka dengan aroma tertentu dari kulit. Nyamuk juga senang dengan kehangatan pada permukaan kulit, kelembabannya, serta asam laktat dan karbon dioksida. Masih ada faktor lain, tetapi belum diketahui.

Indra penciuman nyamuk seperti hanya anjing, mampu mengenali aroma seorang individu. Jika nyamuk menyukainya, maka ia akan menggigitnya.

4. Nyamuk  lebih menyukai orang dengan golongan darah O
Benar, ini adalah fakta. Penelitian menunjukkan, nyamuk lebih cenderung menyukai orang dengan golongan darah O. Tetapi, ini hanyalah porsi dari golongan O yang disekresi oleh molekul tertentu, melalui air liur, keringat, dan lendir.

5. Ibu hamil lebih sering digigit nyamuk
Benar, ini juga terbukti secara ilmiah. Penelitian menunjukkan, nyamuk memang cenderung untuk menggigit ibu yang sedang hamil. Wanita yang mengandung, volume darahnya meningkat hingga 50 persen selama kehamilan, tetapi ini bukan alasan nyamuk lebih suka menggigit ibu hamil. Tetapi karena ibu hamil memproduksi panas dan karbon dioksida. [via Kompas]

a d v e r t i s e m e n t s
terms : fakta golongan darah o, alasan golongan darah o disukai nyamuk, mengapa orang yg bergolongan darah o lebih di sukai nyamuk, kenapa nyamuk lebih suka dengan darah O, kenapa golongan darah O suka digigit nyamuk, Kenapa darah o lebih manis, kenapa darah o disukai nyamuk, darah o tidak disukai nyamuj, Apa benar gol darah o mudah di kerubung nyamuk, mitos darah yang sering digigit nyamuk