Penderita Diabetes Bisa Jadi Karena Nenek Moyangnya dari Kelompok Kekurangan Gizi

Penelitian di Australia menunjukkan penderita diabetes saat ini karena nenek moyang mereka adalah penderita gizi buruk.

vauzee.com – Peneliti dari Universitas Sydney berhasil menemukan bahwa pada tubuh orang pada generasi saat ini masih membawa desain kondisi gizi dari nenek moyangnya. Jika nenek moyangnya dahulu masuk pada kelompok gizi buruk, maka turunannya saat ini didesain untuk menghadapi kekurangan gizi.

Penderita Diabetes Bisa Jadi Karena Nenek Moyangnya dari Kelompok Kekurangan Gizi

Sehingga jika memiliki nenek moyang yang kurang gizi, maka bisa membuat seseorang memiliki risiko lebih besar menjadi gemuk, walaupun orang tersebut tidak makan berlebihan. Jadi meski makan dengan jumlah yang normal, mereka tetap rentan pada kondisi obesitas.

a d v e r t i s e m e n t s

Oleh karenanya tidak mengherankan dengan apa yang terjadi di negara berkembang saat ini, banyak muncul penderita obesitas serta penderita diabetes melitus dan juga penyakit jantung.

Seiring dengan perkembangan ekonomi yang membaik di suatu negara, masyakaratnya kemudian cenderung mengikuti pola makan ala Barat yang mengandung kalori tinggi. Akibatnya, ‘penyakit modern’ tersebut tak terelakkan di negara-negara berkembang.

Salah satu peneliti dari Universitas Sydney mengatakan, “Bukan hal yang mengejutkan, peningkatan kemakmuran di negara berkembang sejalan dengan peningkatan asupan kalori masyarakatnya. Namun secara genetik, penduduk di negara berkembang masih sama dengan nenek moyangnya. Obesitas adalah kompensasi dari perubahan pola makan.”

 

Secara genetis, mereka di desain untuk menghadapi kekurangan gizi. Saat pola makan berubah dengan asupan kalori tinggi, lemak akan disimpan oleh tubuh, sehingga tubuh membengkak, kegemukan.

Penelitian selama 12 tahun dan dipublikasikan dalam jurnal Cell Metabolism ini memproyeksikan pada 2030 nanti, besarnya jumlah penderita diabetes melitus diseluruh dunia, lebih dari 70 persennya terjadi di negara-negara berkembang. [via Kompas]

a d v e r t i s e m e n t s