Benarkah Asam Urat Bisa Menyebabkan Kematian? Kasus Pelajar SMP yang Meninggal Setelah MOS

Evan, siswa baru SMP di Bekasi meninggal setelah mengikuti MOS. Pemeriksaan menunjukkan kadar asam uratnya sangat tinggi. Benarkah asam urat bisa menyebabkan kematian mendadak?

vauzee.com – Penyebab kematian Evan Cristopher Situmorang (12), siswa baru SMP di Pondok Ungu, Bekasi memang belum dipastikan penyebabnya. Menurut ayahnya, pemeriksaan menujukkan kadar asam urat Evan tinggi setelah mengikuti program Masa Orientasi Siswa (MOS) di sekolahnya.

Baca juga  : Cara Menghilangkan Penyakit Asma

Asam Urat Penyebab Meninggal Mendadak

a d v e r t i s e m e n t s

Hari itu, Jose ayah Evan ditelepon pihak sekolah karena Evan dikabarkan tidak bisa bergerak dan juga kejang-kejang. Evan pun akhirnya di bawa ke rumah dan diperiksakan ke rumah sakit terdekat. Hasil pemeriksaan darah menunjukkan kandungan asam urat Evan mencapai  6,7 mg/dl.

Pertanyaan yang timbul selanjutnya adalah benarkah kematian Evan ada terkait dengan kandungan asam urat di tubuhnya?

Asam urat biasanya tidak menjadi penyebab kematian mendadak seseorang, demikian penjelasan dr Meita Dhamayanti, SpA(K), MKes dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran – Rumah Sakit Dr Hasan Sadikin Bandung.

Kandungan asam urat Evan yang berada pada angka 6,7 mg/dl disebut masih dalam kondisi aman meski berada dalam ambang batas atas normal. Anak usia 12-13 tahun seperti Evan normalnya kandungan asam uratnya berada pada ambang 2,7 – 6,7 mg/dl. Tingginya asam urat pada anak biasanya disebabkan dari makanan yang dikonsumsi. Demikian penjelasan lebih jauh dari dr Meita seperti dikutip dari DetikHealth.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Ia membantah asam urat bisa menyebabkan kematian langsung pada seseorang.

Evan sendiri memang dikabarkan sempat kesulitan berjalan, akibat adanya pembengkakan. Hal ini merupakan gejala tingginya asam urat. Tetapi dr Ari membantah jika hal itu bisa menyebabkan kematian pada seseorang.

Asam urat tinggi akan mempengaruhi ginjal yang sering disebut sebagai batu ginjal. Asam urat tinggi juga menyebabkan persendian sakit dan nyeri hingga bengkak. Kadar asam urat yang tinggi diketahui akibat dari makanan yang mengandung purin tinggi.

Dr dr Ari menegaskan asam urat tidak menyebabkan kematian mendadak. Kematian mendadak mungkin karena penyakit jantung bawaan yang tidak terdeteksi. [via DetikHealth]

 

a d v e r t i s e m e n t s
terms : apakah asam urat bisa menyebabkan kematian, apa asam urat bisa membuat meninggal, apa kah penyakit asam urat bisa menyebab kematian, apakah penyakit kolestrol dan asam urat bisa menyebabkan kematian?, asam urat apa bisa sebabkan meninggal, asam urat bikin meninggal?, Penyakit asam urat apa bisa mengakibatkan kematian ?