Gawat, Ngemil Tengah Malam Ternyata Bikin ‘Cacat’ Otak

Menurut penelitian kebiasaan ngemil di malam hari bisa menimbulkan efek negatif terhadap otak.

vauzee.com – Saat begadang karena tuntutan kerja atau tugas sekolah, kadang rasa lapar ikut ‘menemani’. Mau tidak mau, cemilan menjadi penambal rasa lapar yang datang. Tapi tahukah kamu, kebiasaan ngemil malam ternyata bisa bikin ‘cacat’ otak? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga : Kurang Tidur atau Kebanyakan Tidur Malah Bikin Kamu Jadi Pelupa

Ngemil Tengah Malam Ternyata Bikin Cacat Otak
Para peneliti dari Universitas California berhasil membuktikan bahwa kebiasan ngemil di malam hari bisa mengakibatkan efek buruk pada otak, demikian seperti dilansir smithosaniangmag.com. Selain berefek buruk pada otak, ngemil malam hari juga meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan obesitas.

a d v e r t i s e m e n t s

Dalam penelitiannya, subyek yang diteliti dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama makan saat siang hari sementara kelompok lainnya makan saat malam hari dalam kurun dua minggu. Ritme biologis pada tubuh mengalami perbedaan akibat pengaruh perbedaan waktu makan ini.

Kelompok yang diberi makan pada malam hari menunjukkan aktivitas tubuh yang menyimpang. Kelompok ini menunjukkan gangguan kekurangan waktu tidur. Bagian dalam otaknya yang disebut dengan hippocampus juga mengalami gangguan. Hippocampus merupakan bagian otak yang berperan untuk menyimpan memori serta digunakan untuk mempelajari hal-hal baru.

Dari penelitian diatas menunjukkan, kebiasaan ngemil pada malam hari bisa menurunkan daya ingat. Jadi jika kamu terbiasa belajar atau menyelesaikan tugas dengan SKS (sistem kebut semalam) hingga rela begadang sambil ngemil ria, justru malah tidak efektif.  Akibat yang lebih buruk dalam jangka panjang adalah penurunan daya ingat atau kerusakan memori.

a d v e r t i s e m e n t s