Waspadalah, Menggosok Gigi Setelah Sarapan Tidak Dibenarkan!

Menggosok gigi setelah sarapan justru melemahkan enamel gigi yang berakibat rusaknya gigi.

cucok.com – Selain memperhatikan cara menggosok gigi yang benar, Anda juga harus tahu kapan saat yang tepat untuk menggosok gigi. Seringkali kita mendengar atau disarankan untuk menggosok gigi setelah selesai sarapan. Hal ini bertujuan sisa-sisa makanan bisa dibersihkan. Tapi tahukah Anda bahwa anjuran menggosok gigi setelah sarapan tidak dibenarkan?

Baca juga : Ternyata Menggosok Gigi Ke Atas-Bawah Salah! Ini Cara yang Benar

a d v e r t i s e m e n t s

 

Dr Okoye dari London Smiling Dental Group menjelaskan bahwa kebiasaan menggosok gigi setelah sarapan adalah kebiasaan yang salah. Justru sangat dianjurkan untuk menggosok gigi sebelum sarapan.

Menurut Dr Okoye, seperti dilansir dari DailyMail, kebiasaan baik saat pagi untuk kesehatan gigi yang paling ideal adalah ketika terbangun di pagi hari, minum air hangat kemudian menggosok gigi. Setelahnya Anda baru bisa mengkonsumsi sarapan pagi yang sehat.

Sebagian orang di jaman modern ini berpandangan, sarapan jus buah atau jus jeruk akan membawa manfaat baik bagi tubuh, mencegah peradangan serta baik untuk pencernaan. Tapi tahukah Anda, jus tersebut justru melemahkan enamel gigi Anda jika dikonsumsi sebelum menggosok gigi?

Enamel merupakan lapisan terluar gigi yang berguna untuk melindungi gigi dari kerusakan. Jika enamel ini retak dan teriris, maka tidak dapat diperbaiki dan justru bisa merusak keseluruhan gigi. Salah satu faktor yang menyebabkan melemahnya enamel gigi sehingga retak dan terkikis adalah asam yang dihasilkan dari jus buah atau jus jeruk.

Namun jika Anda tidak percaya diri dengan bau mulut dan kebersihan gigi setelah sarapan pagi atau lupa menggosok gigi sebelum sarapan, beri jeda waktu hingga 1 jam bagi air liur untuk menetralisir zat asam yang ada dimulut. Setelah jeda waktu itu, Anda boleh menggosok gigi.

Dr Okoye juga menekankan pentingnya menggosok sebelum tidur. Tidak cuma bermanfaat untuk membersihkan gigi dan gusi dari sisa makanan, kebiasaan tersebut mampu memicu produksi air liur bersih yang berfungsi untuk menetralisir asam di dalam mulut. Air liur juga diketahui mengandung banyak sel yang bisa berguna untuk membentuk pelindung gigi. [via Merdeka]

a d v e r t i s e m e n t s