Ternyata Menggosok Gigi Ke Atas-Bawah Salah! Ini Cara yang Benar

Masih banyak yang mengira menggosok gigi dengan gerakan ke atas-bawah adalah cara yang benar. Ternyata cara tersebut salah.

cucok.com – Menggosok gigi selain menghindari bau mulut, juga diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mereka yang jarang menggosok giginya, maka kuman-kuman akan mampu menggerogoti gigi yang akibatnya menimbulkan rasa nyeri dan berlubang.

Ternyata-Menggosok-Gigi-Ke-Atas-Bawah-Salah1

Teknik  atau cara menggosok gigi yang benar ternyata belum banyak disadari oleh kebanyakan orang. Ada yang sekedar menggosok gigi dengan gerakan ke kiri-kanan dan juga ke atas-bawah. Kedua cara tersebut adalah cara yang tidak benar dalam menggosok gigi.

a d v e r t i s e m e n t s

Kedua cara tersebut tidak bisa mengusir kuman yang ada di dalam gusi. Saat kuman yang tidak terusir itu berkembang biak, maka gusi bisa mengalami pendarahan serta infeksi.

Cara menggosok gigi yang benar adalah dengan melakukan gerakan memutar. Disarankan untuk memulai menggosok gigi dari gigi bagian depan baru kemudian ke seluruh bagian gigi, baik itu bagian atas, bagian bawah, bagian belakang gigi dan terutama sela-sela-gigi. Dianjurkan juga untuk menggosok gigi setidaknya selama 5 menit.

Pemilihan bulu sikat gigi juga harus diperhatikan. Disarankan untuk memilih bulu sikat gigi yang tidak terlalu lembut, karena bulu jenis ini tidak mampu membersihkan gigi dari bakteri dan kotoran, terutama di sela-sela gigi secara maksimal.

Demikian penjelasan Dr Okoye dari London Smiling Dental Group, tentang cara menggosok gigi yang benar dan jenis bulu sikat gigi yang disarankan. [via Merdeka]

 

a d v e r t i s e m e n t s