Tips Mengatur Pola Makan yang Tepat dan Berkualitas Untuk Pola Hidup yang Sehat

Tips Mengatur Pola Makan yang Tepat dan Berkualitas Untuk Pola Hidup yang Sehat – Makan tentu tidak sekadar mengobati rasa lapar, namun lebih pada pemenuhan kebutuhan tubuh akan zat gizi. Pola makan yang baik akan membuat hidup menjadi lebih sehat. sebaliknya, pola makan yang salah akan menyebabkan munculnya berbagai penyakit seperti maag, obesitas, diabetes, hipertensi, jantung, atau ginjal. Berbahaya bukan? Untuk itu perlu pola makan seimbang dalam kehidupan keseharian.

Sarapan

Sarapan sangat penting agar perut tidak bekerja dalam keadaan kosong. Kebiasaan sarapan seringkali disepelekan karena tidak adanya waktu. Padahal, sarapan tidak harus dengan menu yang berat. Sepotong roti dengan selai dari bahan berserat ditambah sebutir telur, susu dan air putih setidaknya lebih baik daripada tidak makan apapun. Apabila anda sibuk, bisa membeli burger atau sereal.

a d v e r t i s e m e n t s

Gizi seimbang

Berbagai kebutuhan gizi harus dipenuhi mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral. Semua kebutuhan tersebut bisa dipenuhi apabila anda mengonsumsi makanan yang bervariasi. Pilih karbohidrat kompleks bila memungkinkan, kemudian lengkapi dengan lauk baik dari nabati maupun hewani. Sumber protein yang baik terdapat pada putih telur, daging, susu dan ikan. Protein nabati juga baik tapi tidak mudah diserap seperti protein hewani. Hindari mengonsumsi bagian berlemak karena mengandung tinggi kolesterol. Adapun vitamin dan mineral diperoleh dari bahan makanan berwarna. Misalnya sayuran hijau dan buah-buahan. Zat warna pada makanan ini menunjukkan kandungan gizinya.

Cukup serat

Konsumsi sayur dan buah dapat memperlancar buang air besar yang merupakan racun dalam tubuh dan harus dikeluarkan.

Air Putih

Minum air putih 8 gelas perhari pada cuaca sedang, bisa berkurang saat musim dingin atau bertambah saat cuaca terik. Air putih berfungsi membuang zat racun dalam tubuh dan melembabkan kulit. Kurang air putih dapat membuat badan terasa lemas.

Camilan sehat

Makanan selingan dianjurkan diantara makan pagi-siang dan siang-malam. Pilihlah camilan sehat dari bahan alami dan bebas pengawet atau zat adiktif lainnya. Misalnya salat buah, pudding, atau biscuit sayur. Mengonsumsi gorengan pada saat makan selingan tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan kolesterol. Lebih baik pilih makanan yang diolah dengan cara dikukus atau direbus.

Minimalkan Makan Malam

Makan malam akan membuat anda bertambah gemuk dan memperberat kerja pencernaan. Untuk menghindarinya sebaiknya konsumsi sedikit makanan pada malam hari dan tidak ngemil. Anda juga dilarang makan tepat sebelum tidur karena bisa merusak pencernaan, membuat sakit maag, dan cepat gemuk. Hal ini disebabkan pada saat tidur enzim pencernaan diproduksi lebih banyak untuk membersihkan saluran pencernaan. Bila perut dalam keadaan penuh justru merusak pencernaan itu sendiri.

Itulah tips pola makan yang baik untuk kesehatan. Dengan menerapkan pola tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. semoga bermanfaat.

a d v e r t i s e m e n t s
terms : pola makan berkualitas