Pengobatan Penyakit Polip Hidung dengan Cara Operasi dan Alami

Pengobatan Penyakit Polip Hidung dengan Cara Operasi dan Alami – Polip hidung adalah penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan selaput lender akibat tertumpuknya cairan. Hal ini terjadi ketika penyakit infeksi menyerang seseorang yang membuat selaput lender memproduksi banyak cairan untuk mengusir kuman tersebut. Efek sampingnya terjadi penumpukan cairan yang justru menyumbat hidung sehingga penderita kesulitan bernafas.

Benjolan yang bentuknya seperti buah anggur ini biasanya menyerang penderita asma, rhinitis alergika, sinusitis kronis atau fibrosis kistik. Benjolan pada hidung ini seringkali ditemukan dalam bentuk jinak, artinya tidak terjadi pembesaran yang signifikan. Hanya saja mengganggu indera penciuman dan perasa yang masih berhubungan dengan hidung.

Gejala polip hidung antara lain penderita merasakan hidungnya tersumbat. Sumbatan ini membuatnya sulit bernafas dan semakin lama semakin berat. Sumbatan pada hidung juga mengurangi kepekaan indera penciuman. Bila benjolan membesar akan menyebabkan rasa nyeri di daerah sekitarnya, sering bersin, sukar membuang ingus, bentuk hidung tidak simetris, membuat suara menjadi bindeng, pendengaran terganggu, bahkan adanya cairan yang mengalir di belakang mulut. Semua gangguan ini menyebabkan penderita sulit tidur dan lama-kelamaan kualitas hidup akan menurun.

a d v e r t i s e m e n t s

Pengobatan polip hidung ada tiga cara, yaitu dengan obat-obatan kimia, operasi dan bahan alami. Obat kimia yang biasa diberikan adalah kortikosteroid atau antiperadangan. Obat ini diberikan dalam bentuk semprot agar pembengkakan selaput lender pada hidung berkurang serta menurunkan produksi cairan hidung yang dapat menyumbat pernafasan. Obat-obatan kortikosteroid harus didapat melalui resep dokter karena termasuk golongan obat yang berbahaya.

Apabila pengobatan dirasa kurang cukup, maka bisa dilakukan operasi pengambilan polip tersebut. Operasi dilakukan ketika polip sudah benar-benar membesar sehingga mengganggu kehidupan penderita. Teknik paling mudah untuk operasi polip hidung adalah dengan menggunakan endoskopi untuk hidung.

Selain obat-obatan kimia dan operasi, polip hidung yang belum begitu besar bisa disembuhkan menggunakan bahan alami yang berfungsi sama dengan bahan kimia. Beberapa tanaman memiliki sifat anti peradangan seperti kunyit, the hijau, dan minyak zaitun. Ketiga bahan ini dapat mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh infeksi penyakit. Anti peradangan juga bisa didapat dari makanan sehari-hari seperti ikan salmon, brokoli, papaya, ubi jalar, dan rumput laut. Mengonsumsi bahan alami anti peradangan akan membantu menekan pembesaran polip hidung sehingga penderita tidak terus menerus mengonsumsi obat kimia yang tentunya akan menimbulkan efek samping.

Mengobati polip hidung juga berarti menjaga diri dari serangan infeksi, utamanya pada saluran pernafasan. Untuk itu perlu mengonsumsi bahan alami yang bersifat antibiotik seperti madu, jintan hitam, kunyit putih, temulawak, dan sebagainya. semua tanaman ini mudah didapat di pasar-pasar tradisional. Selain tanaman herbal tersebut, anda juga harus menjaga daya tahan tubuh agar tidak infeksi dari makanan sehari-hari seperti buah dan sayur.

a d v e r t i s e m e n t s
terms : operasi polip, bahaya penyakit polip, bahaya operasi polip hidung, Cara operasi polip, cara operasi polip hidung, operasi polip hidung, bahaya polip hidung, bahaya polip, oprasi polip, oprasi polip hidung