Tidur Dekat Ponsel yang Di Charge Bisa Bikin Gemuk Lho?

vauzee.com – Saat muncul banyak kekhawatiran akan bahaya kesehatan yang ditimbulkan akibat tidur dengan dengan ponsel yang diperkuat dengan fakta penelitian, ternyata tidur di dekat ponsel yang baterainya sedang di charge atau di isi ulang dayanya, bisa mengakibatkan kegemukan, benarkah?

rp_tidur-dengan-hp.jpg

Penelitian ini mendasarkan pada penemuan bahwa tubuh sebenarnya memerlukan ruangan gelap saat tidur. Ruangan yang gelap akan membantu hormon melatonin yang menjadi bagian dari proses pengolahan makanan dalam tubuh mampu bekerja secara maksimal.

a d v e r t i s e m e n t s

Makanya sangat di sarankan untuk mematikan lampu saat tidur. Pun demikian, saat Anda tidur di dekat ponsel atau gadget lain yang sedang di isi dayanya, bisa mengganggu kerja hormon tersebut. Cahaya lampu yang berasal dari ponsel yang sedang di charge tesebut menganggu kinerja hormon melatonin tersebut, demikian seperti dilansir oleh DailyMail.co.uk.

Namun cahaya lampu dari ponsel yang sedang di charge tersebut bukanlah satu-satunya alasan. Menurut Dr. Simon Kyle dari University of Granada, Spanyol, terdapat gelombang biru muda yang terdapat di dalam ponsel yang melemahkan sistem metabolisme tubuh selain tentu saja mengganggu kualitas tidur.

Selain bisa mengakibatkan kegemukan karena proses pengolahan makanan di dalam tubuh terganggu, gelombang biru tersebut juga mengundang datangnya bermacam penyakit kronis lainnya seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Sangat disarankan untuk selalu mematikan sumber cahaya saat tidur dan menjauhkan berbagai macam gadget yang Anda miliki dari tempat tidur serta mematikannya.

a d v e r t i s e m e n t s